Penilaian Kinerja Guru
RUBLIK PENILAIAN KINERJA GURU
SMK NEGERI 1 SUSUKAN
PERIODE : JULI – DESEMBER 2024
Formulir A : Diskusi Persiapan Observasi Kinerja Guru
Nama Guru |
Juhari, S.Pd |
||
Nama Kepala Sekolah |
Suhartono, S.Pd |
Hari/Tanggal |
Senin, 19 Agustus 2024 |
Periode |
Juli – Desember 2024 |
Waktu |
10.00 – 11.00 WIB |
Tempat |
Ruang Meeting |
||
Tujuan |
1. Guru dan Kepala Sekolah menyepakati target perilaku yang akan di observasi dan upaya belajar untuk menampilkan perilaku secara efektif. 2. Guru dan Kepala Sekolah menyepakati jadwal observasi kinerja berserta kelengkapannya. |
Rencana Hasil Kerja |
Fokus Perilaku |
Upaya Mempelajari |
Rencana Observasi Kinerja |
Catatan |
|||
Pelajaran / Kelas |
Hari/Tanggal |
Waktu |
Perangkat Ajar |
||||
Instruksi Pembelajaran o Menjelaskan konsep dan aktivitas pembelajaran disertai demontrasi, ilustrasi, contoh yang relevan dan kontektual untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran |
1. Guru memberikan penjelasan yang mudah dipahami siswa
|
Mempersiapkan media ajar sesuai dengan materi |
PPKn / XII |
Senin, 19 Agustus 2024 |
10.00 – 11 00 WIB |
Modul Ajar Pancasila Dalam Kehidupan Keseharian |
|
2. Guru memberikan contoh yang kontekstual dengan keseharian siswa
|
Memberi contoh, manfaat manfaat materi yang dipelajari dalam keseharian |
||||||
3. Guru menjelaskan secara terstruktur dan logis.
|
Menggunakan metode pembelajaran kontekstual dan bermakna. |
Formulir B : Pelaksanaan Observasi Kinerja Guru
Nama Guru |
Juhari, S.Pd |
||
Nama Kepala Sekolah |
Suhartono, S.Pd |
Hari/Tanggal |
Kamis, 22 Agustus 2024 |
Periode |
Juli – Desember 2024 |
Waktu |
10.00 – 11.30 WIB |
Tempat |
Ruang Meeting |
||
Tujuan |
1. Guru menggunakan rublik observasi kelas sebagai tujuan dalam mempelajari perilaku yang akan ditampilkan pada observasi kinerja. 2. Kepala Sekolah mencatat bukti perilaku dan penilaian efektivitas perilaku yang sampaikan guru selama observasi berserta rekomendasi tindak lanjutnya. |
Instruksi Pembelajaran o Menjelaskan konsep dan aktivitas pembelajaran disertai demontrasi, ilustrasi, contoh yang relevan dan kontektual untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran |
||||||
Fokus Perilaku |
Perilaku Yang Dianjurkan |
Perilaku Yang Dihindari |
Penilaian Observasi Kinerja |
Catatan |
||
Belum Dilakukan |
Dilakukan Tapi Belum Efektif |
Dilakukan dan Efektif |
|
|||
Guru memberikan penjelasan yang mudah dipahami siswa |
Guru menampilkan visualisasi atau ilustrasi yang memudahkan pemahaman siswa |
Guru menampilkan visualisasi atau ilustrasi menarik tetapi tidak terkait penjelasnya.
|
|
|
√ |
|
Guru menjelaskan konsep yang sulit dengan bahasa yang muda dipahami
|
Guru menjelaskan konsep yang sulit dengan istilah baru yang sulit dipahami |
|
|
√ |
|
|
Guru menjelaskan konsep disesuaikan hasil asesmen awal |
Guru menjelaskan konsep hanya mengacu pada buku perngkata ajar
|
|
|
√ |
|
|
Rekomendasi : Guru menggunakan media ajar dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi
|
Formulir C : Tindak Lanjut Observasi Kinerja Guru
Nama Guru |
Juhari, S.Pd |
||
Nama Kepala Sekolah |
Suhartono, S.Pd |
Hari/Tanggal |
Senin, 26 Agustus 2024 |
Periode |
Juli – Desember 2024 |
Waktu |
10.00 – 11.30 WIB |
Tempat |
Ruang Meeting |
||
Tujuan |
1. Guru melalukan refleksi sebagai tanggapan terhadap cacatan dan hasil penilaian observasi kinerja oleh Kepala Sekolah. 2. Guru dan Kepala Sekolah menyepakti tindak lanjut serta dukungan yang diperlukan untuk melakukan peningkatan praktik pembelajaran. |
Refleksi Guru |
Katagori |
Tujuan Tindak Lanjut |
Upaya Tindak Lanjut |
Kapan |
Kebutuhan Dukungan (Apa/Siapa) |
Guru memberikan penjelasan yang mudah sesuai pemahaman awal siswa |
Pelatihan belajar di PMM
Pilihan Lain
|
|
|
|
|
Catatan Kepala Sekolah |
|||||
Pertanyaan |
Respon |
||||
Bagaimana upaya guru melakukan refleksi untuk menyadari kesulitannya dalam peningkatan pembelajaran ?
|
Tidak Sadar Kesulitan |
Sadar Kesulitan |
Sadar Dampak Kesulitan |
Catatan |
|
|
√ |
|
|
||
Formulir D : Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kinerja Guru
Nama Guru |
Juhari, S.Pd |
||
Nama Kepala Sekolah |
Suhartono, S.Pd |
Hari/Tanggal |
Kamis, 29 Agustus 2024 |
Periode |
Juli – Desember 2024 |
Waktu |
10.00 – 12 00 WIB |
Tempat |
Ruang Meeting |
||
Tujuan |
1. Guru melalukan refleksi sebagai tanggapan terhadap cacatan dan hasil penilaian observasi kinerja oleh Kepala Sekolah. 2. Guru dan Kepala Sekolah menyepakti tindak lanjut serta dukungan yang diperlukan untuk melakukan peningkatan praktik pembelajaran. |
Katagori (Form C) |
Tujuan Tindak Lanjut (Form C) |
UpayaTindak Lanjut (Form C) |
Kapan (Form C) |
Kebutuhan Dukungan (Form C) |
Refleksi Tindak Lanjut |
||
Capaian |
Tantangan |
Upaya Peningkatan |
|||||
Pengembangan Kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
|
Peningkatan Kinerja
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan Kepala Sekolah |
||||
Pertanyaan |
|
|||
Bagaimana upaya guru melakukan refleksi untuk menyadari kesulitannya dalam peningkatan pembelajaran ?
|
Respon |
|
||
Tidak Sadar Kesulitan |
Sadar Kesulitan |
Sadar Dampak Kesulitan
|
Catatan |
|
|
√
|
|
|
Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Susukan
…………………………… NIP : ................................... |
Susukan, ........................... 2024 Guru Mata Pelajaran
………………………………
NIP : ....................................... |
Komentar
Posting Komentar