Penilaian Kinerja Guru

RUBLIK PENILAIAN KINERJA GURU

SMK NEGERI 1 SUSUKAN

PERIODE : JULI – DESEMBER 2024

 

Formulir A : Diskusi Persiapan Observasi Kinerja Guru

 

Nama Guru

Juhari, S.Pd

Nama Kepala Sekolah

Suhartono, S.Pd

Hari/Tanggal

Senin, 19 Agustus 2024

Periode

Juli – Desember 2024

Waktu

10.00 – 11.00 WIB

Tempat

Ruang Meeting

Tujuan

1.    Guru dan Kepala Sekolah menyepakati target perilaku yang akan di observasi dan upaya belajar untuk menampilkan perilaku secara efektif.

2.    Guru dan Kepala Sekolah menyepakati jadwal observasi kinerja berserta kelengkapannya.

 

Rencana Hasil Kerja

Fokus Perilaku

Upaya Mempelajari

Rencana Observasi Kinerja

Catatan

Pelajaran / Kelas

Hari/Tanggal

Waktu

Perangkat Ajar

Instruksi Pembelajaran

o  Menjelaskan konsep dan aktivitas pembelajaran disertai demontrasi, ilustrasi, contoh yang relevan dan kontektual untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran

1. Guru memberikan penjelasan yang mudah dipahami siswa

 

Mempersiapkan media ajar sesuai dengan materi

PPKn / XII

Senin, 19 Agustus 2024

10.00 – 11 00 WIB

Modul Ajar Pancasila Dalam Kehidupan Keseharian

 

2. Guru memberikan contoh yang kontekstual dengan keseharian siswa

 

Memberi contoh, manfaat manfaat materi yang dipelajari dalam keseharian

3. Guru menjelaskan secara terstruktur dan logis.

 

Menggunakan metode pembelajaran kontekstual dan bermakna.

Formulir B : Pelaksanaan Observasi Kinerja Guru

 

Nama Guru

Juhari, S.Pd

Nama Kepala Sekolah

Suhartono, S.Pd

Hari/Tanggal

Kamis, 22 Agustus 2024

Periode

Juli – Desember 2024

Waktu

10.00 – 11.30 WIB

Tempat

Ruang Meeting

Tujuan

1.    Guru menggunakan rublik observasi kelas sebagai tujuan dalam mempelajari perilaku yang akan ditampilkan pada observasi kinerja.

2.    Kepala Sekolah mencatat bukti perilaku dan penilaian efektivitas perilaku yang sampaikan guru selama observasi berserta rekomendasi tindak lanjutnya.

 

Instruksi Pembelajaran

o  Menjelaskan konsep dan aktivitas pembelajaran disertai demontrasi, ilustrasi, contoh yang relevan dan kontektual untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran

Fokus Perilaku

Perilaku Yang Dianjurkan

Perilaku Yang Dihindari

Penilaian Observasi Kinerja

Catatan

Belum Dilakukan

Dilakukan Tapi Belum Efektif

Dilakukan dan  Efektif

 

Guru memberikan penjelasan yang mudah dipahami siswa

Guru menampilkan visualisasi atau ilustrasi yang memudahkan pemahaman siswa

Guru menampilkan visualisasi atau ilustrasi menarik tetapi tidak terkait penjelasnya.

 

 

 

 

 

Guru menjelaskan konsep yang sulit dengan bahasa yang muda dipahami

 

Guru menjelaskan konsep yang sulit dengan istilah baru yang sulit dipahami

 

 

 

 

Guru menjelaskan konsep disesuaikan hasil asesmen awal

Guru menjelaskan konsep hanya mengacu pada buku perngkata ajar

 

 

 

 

 

Rekomendasi :

Guru menggunakan media ajar dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi

 

 

 

 

Formulir C : Tindak Lanjut Observasi Kinerja Guru

 

Nama Guru

Juhari, S.Pd

Nama Kepala Sekolah

Suhartono, S.Pd

Hari/Tanggal

Senin, 26 Agustus 2024

Periode

Juli – Desember 2024

Waktu

10.00 – 11.30 WIB

Tempat

Ruang Meeting

Tujuan

1.     Guru melalukan refleksi sebagai tanggapan terhadap cacatan dan hasil penilaian observasi kinerja oleh Kepala Sekolah.

2.     Guru dan Kepala Sekolah menyepakti tindak lanjut serta dukungan yang diperlukan untuk melakukan peningkatan praktik pembelajaran.

 

Refleksi Guru

Katagori

Tujuan Tindak Lanjut

Upaya Tindak Lanjut

Kapan

Kebutuhan Dukungan (Apa/Siapa)

Guru memberikan penjelasan yang mudah sesuai pemahaman awal siswa

Pelatihan belajar di PMM

 

Pilihan Lain

 

 

 

 

 

 

Catatan Kepala Sekolah

Pertanyaan

Respon

Bagaimana upaya guru melakukan refleksi untuk menyadari kesulitannya dalam peningkatan pembelajaran ?

 

Tidak Sadar Kesulitan

Sadar Kesulitan

Sadar Dampak Kesulitan

Catatan

 

 

 

 







 

Formulir D : Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kinerja Guru

 

Nama Guru

Juhari, S.Pd

Nama Kepala Sekolah

Suhartono, S.Pd

Hari/Tanggal

Kamis, 29 Agustus 2024

Periode

Juli – Desember 2024

Waktu

10.00 – 12 00 WIB

Tempat

Ruang Meeting

Tujuan

1.     Guru melalukan refleksi sebagai tanggapan terhadap cacatan dan hasil penilaian observasi kinerja oleh Kepala Sekolah.

2.     Guru dan Kepala Sekolah menyepakti tindak lanjut serta dukungan yang diperlukan untuk melakukan peningkatan praktik pembelajaran.

 

Katagori

(Form C)

Tujuan Tindak Lanjut (Form C)

UpayaTindak Lanjut (Form C)

Kapan

(Form C)

Kebutuhan Dukungan (Form C)

Refleksi Tindak Lanjut

Capaian

Tantangan

Upaya Peningkatan

Pengembangan Kompetensi

 

 

 

 

 

 

 

 

Peningkatan Kinerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Catatan Kepala Sekolah

Pertanyaan

 

Bagaimana upaya guru melakukan refleksi untuk menyadari kesulitannya dalam peningkatan pembelajaran ?

 

Respon

 

Tidak Sadar Kesulitan

Sadar Kesulitan

Sadar Dampak Kesulitan

 

Catatan

 

 

 

 

 

 

 

Kepala Sekolah

SMK Negeri 1 Susukan

 

 ……………………………

NIP : ...................................

Susukan,   ...........................  2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

………………………………

 

NIP : .......................................

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Capaian Pembelajaran PKL

Rencana Tindak Lanjut

Refleksi Coaching Untuk Supervisi Akademik