Modul Ajar Pendidikan Pancasila
MODUL AJAR
PENDIDIKAN PANCASILA
A. INFORMASI UMUM
Nama Sekolah |
SMK Negeri 1 Susukan |
Program Keahlian |
Semua Program |
Mata Pelajaran |
Pendidikan Pancasila |
Kelas/Semester |
XII / Ganjil |
Alokasi Waktu |
6 JP ( 3 x pertemuan) |
Fase |
F |
Elemen |
Pancasila |
Materi |
Ber-Pancasila dalam Keseharian di Masyarakat |
Capaian Pembelajaran |
Mendeskripsikan rumusan dan keterkaitan sila-sila dalam Pancasila; menganalisiss kedudukan Pancasila sebagai idiologi Negara serta peluang dan tantangan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan global dan membiasakan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai identitas nasional dalam kehidupan sehari-hari. |
Profil Pelajar Pancasila |
Beriman Bertakwa pada Tuhan YME dan berakhlak mulia, Bergotong royong |
Sarana Prasarana |
Gawai, Intenet, Buku Guru, Buku Siswa, Lembar Keja Siswa, Papan Tulis, Spidol, Penghapus, WA Grup, Laptop/HP dan sumber lain |
Target Peserta Didik |
1. Peserta didik regular 2. Peserta didk hambatan belajar 3. Peserta didik bakat istimewa |
Moda Pembelajaran |
Luring/Tatap Muka |
Pendekatan |
Saintifik |
Metode Pembelajaran |
Pembiasaan, tanya jawab, diskusi, refleksi dan nilai-nilai luhur |
B. KOMPONEN INTI
Tujuan Pembelajaran |
1. Menghargai perbedaan sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka penghormatan hak asasi manusia 2. Peserta didik dapat melakukan refleksi tentang perilaku apa saja yang telah dilakukan dalam kehidupan masyarakat yang menggambarkan nilai-nilai Pancasila 3. Peserta didik dapat mempraktikkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat melalui perancangan portofolio Saya Ber-Pancasila sebagai dokumentasi praktiknya 4. Peserta didik dapat melaporkan praktik penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat melalui laporan awal rancangan portofolio Saya Ber- Pancasila
|
Pemahaman Bermakna |
Peserta didik diajak untuk memaknai dan menjalankan Ber-Pancasila dalam Keseharian di Masyarakat.
|
Pertanyaan Pemantik |
Apakah kamu telah menjalankan perintah agama/kepercayaan dan menjauhi larangan agama/kepercayaanmu, baik terkait dengan ibadah atau ritual maupun perintah dan larangan dalam kehidupan sosial masyarakat ?
|
Model Pembelajaran |
Problem Bassed Learning dengan Pendekatan Kasih Sayang |
C. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Guru menyampaikan salam pembuka.kepada siswa
b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di pelajari hari ini
c. Guru memotivasi belajar siswa secara kontekstual pentingnya Ber-Pancasila dalam keseharian di masyarakat.
2. Kegiatan Inti
a. Guru juga menjelaskan butir-butir Pancasila sebagai pengamalan praktis sila-sila Pancasila. Guru juga dapat menjelaskan percakapan Ir. Sukarno, KH. Masjkur, Wahid Hasyim, Kahar Mudzakir, dan Yamin pada 1 Juni 1945 yang menjelaskan bahwa sila-sila Pancasila sudah menjadi nilai dan tradisi bangsa Indonesia.
b. Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok yang setiap kelompok terdiri atas 3-5 orang (sesuaikan dengan jumlah peserta didik dalam kelas)
c. Setiap kelompok diminta untuk membaca dan berdiskusi untuk menganalisis beberapa contoh kasus (kliping) yang ada dalam Buku Siswa terkait dengan bentuk pengamalan Pancasila. Atau, guru dapat menyediakan beberapa kliping lain yang dapat menjadi contoh praktik atau perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat.
d. Guru mengamati dan menilai praktik kerja kelompok, di mana guru berkunjung ke setiap kelompok, sekaligus guru dapat melakukan penilaian formatif terkait dengan kemampuan peserta didik dalam kerja/diskusi kelompok
d. Setiap siswa membuat laporan hasil analisis dalam sebuah tulisan ilmiah yang akan dikirim melalui email
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memeriksa ketercapaian tujuan pembelajaran dengan cara meminta mereka menjawab pertanyaan: hal apa yang sudah didapatkan dalam pembelajaran hari ini? Hal apa yang perlu ditindaklanjuti dari pembelajaran hari ini? Kemudian, guru meminta peserta didik menuliskannya di kolom refleksi (Lembar Refleksi Peserta Didik pada Buku Siswa) atau menyampaikannya secara lisan.
b. Siswa dan guru bersama-sama merefleksi pembelajaran pada hari tersebut
c. Guru menutup pelajaran dengan do’a dan salam
Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Guru menyampaikan salam pembuka.kepada siswa
b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di pelajari hari ini
c. Guru memotivasi belajar siswa secara kontekstual pentingnya Ber-Pancasila dalam keseharian di masyarakat.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memulai kelas dengan meminta peserta didik untuk berefleksi diri tentang “seberapa Pancasila-kah mereka”. Peserta didik diminta untuk menilai diri sendiri secara jujur, berapa skor yang pantas dari 1-10 untuk dirinya dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila.
b. Berikan kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan alasan skor yang diberikan untuk dirinya sendiri, serta bagaimana rencana meningkatkan skor tersebut.
c. Guru menjelaskan tentang rencana projek “Saya Ber-Pancasila”, mulai dari prinsip-prinsip sampai ketentuan teknis.
d. Guru meminta peserta didik secara individual untuk menuliskan contoh 1-3 perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat pada seminggu terakhir. Pastikan kepada peserta didik, bahwa contoh tersebut harus berupa deskripsi/narasi/cerita apa yang telah dilakukan. Mintalah mereka untuk menuliskan alasan (konteks/ latar belakang) mengapa melakukan perilaku tersebut, serta refleksi terhadap perilaku tersebut (cek Buku Siswa)
e. Peserta didik diinstruksikan untuk berpasangan dengan teman di sebelahnya untuk secara bergiliran menceritakan secara bergantian apa saja yang telah dilakukan sebagai pengamalan Pancasila. Pastikan setiap peserta mendapatkan kesempatan untuk berbicara dalam waktu yang proporsional. Pastikan juga setiap peserta didik untuk mengeksplorasi dengan menanyakan lebih mendalam tentang praktik pengamalan nilai- nilai Pancasila
f. Setiap siswa membuat laporan hasil analisis dalam sebuah tulisan ilmiah yang akan dikirim melalui email
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memeriksa ketercapaian tujuan pembelajaran dengan cara meminta mereka menjawab pertanyaan: hal apa yang sudah didapatkan dalam pembelajaran hari ini? Hal apa yang perlu ditindaklanjuti dari pembelajaran hari ini? Kemudian, guru meminta peserta didik menuliskannya di kolom refleksi (Lembar Refleksi Peserta Didik pada Buku Siswa) atau menyampaikannya secara lisan.
b. Siswa dan guru bersama-sama merefleksi pembelajaran pada hari tersebut
c. Guru menutup pelajaran dengan do’a dan salam
Pertemuan 3
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Guru menyampaikan salam pembuka.kepada siswa
b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di pelajari hari ini
c. Guru memotivasi belajar siswa secara kontekstual pentingnya Ber-Pancasila dalam keseharian di masyarakat.
2. Kegiatan Inti
a. Guru membuat beberapa kelompok di mana setiap kelompok terdiri atas 3-5 peserta didik. Kemudian, mintalah setiap peserta didik untuk mempresentasikan portofolionya secara bergiliran. Mintalah setiap kelompok untuk menyepakati porsi waktu presentasi dan tanggapan dari setiap peserta didik. Arahkan tanggapan peserta didik kepada (1) hal apa yang telah baik dari portofolio rekannya, (2) hal apa yang perlu ditingkatkan dari portofolio rekannya.
b. Guru melakukan observasi terhadap kegiatan diskusi kelompok/berpasangan untuk mencermati dan melakukan penilaian formatif. Aspek-aspek yang dapat dinilai oleh guru dalam melakukan observasi ialah: kemampuan presentasi, kemampuan mendengarkan, kemampuan memberikan tanggapan positif.
c. Kemudian, mintalah setiap kelompok/pasangan untuk mempresentasikan (1) kesan terhadap portofolio temannya, (2) hal positif apa yang didapatkan dari temannya, (3) apa kesamaan dan perbedaan portofolio dirinya dengan portofolio temannya, (4) pelajaran apa yang didapatkan dari presentasi portofolio temannya?
d. Guru mempersilakan peserta didik untuk mengajukan pertanyaan dan meresponsnya secara proporsional.
e. Guru kemudian menjelaskan tindak lanjut dari portofolio “Saya Ber- Pancasila”, dengan menyampaikan beberapa informasi penting.
f. Setiap siswa membuat laporan hasil analisis dalam sebuah tulisan ilmiah yang akan dikirim melalui email
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memeriksa ketercapaian tujuan pembelajaran dengan cara meminta mereka menjawab pertanyaan: hal apa yang sudah didapatkan dalam pembelajaran hari ini? Hal apa yang perlu ditindaklanjuti dari pembelajaran hari ini? Kemudian, guru meminta peserta didik menuliskannya di kolom refleksi (Lembar Refleksi Peserta Didik pada Buku Siswa) atau menyampaikannya secara lisan.
b. Siswa dan guru bersama-sama merefleksi pembelajaran pada hari tersebut
c. Guru menutup pelajaran dengan do’a dan salam
D. ASESMEN
. Asesmen yang diterapkan meliputi:
· Asesmen Awal :
Dilakukan melalui kegiatan tanya jawab dan diskusi untuk mengetahui pemahaman awal peserta didik tentang perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai identitas nasional dalam kehidupan sehari-hari.
· Asesmen Formatif/Proses :
Dilakukan melalui kegiatan penugasan dan penilaian keaktifan peserta didik dalam proses diskusi. Asesmen ini dilakukan untuk mengecek pemahaman peserta didik tentang perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai identitas nasional dalam kehidupan sehari-hari.
· Asemen Sumatif/Akhir :
Asesmen ini untuk memastikan ketercapaian pemahaman peserta didik dalam memahami materi tentang perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai identitas nasional dalam kehidupan sehari-hari. Asesmen akhir ini dilakukan dalam bentuk penugasan laporan portofolio
Penilaian sumatif melalui Uji Kompetensi pada bab ini adalah penilaian terhadap rancangan portofolio peserta didik. Portofolio tersebut memuat aktivitas/ perilaku pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam keseharian peserta didik. Aktivitas tersebut sebagai indikator bahwa peserta didik membiasakan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagaimana tujuan pembelajaran bab ini.
Tabel : Rubrik Penilaian Portofolio
Komponen |
Kurang ( < 70 ) |
Cukup ( 70-80 ) |
Baik ( 81-90 ) |
Sangat Baik ( 91-100 ) |
Penulisan |
Ada banyak kesalahan penulisan struktur kalimat, ejaan, dan kesalahan ketik |
Sedikit kesalahan penulisan struktur kalimat, ejaan, dan tidak lebih dari 5 kesalahan ketik |
Sedikit kesalahan penulisan struktur kalimat, ejaan, dan tidak lebih dari 3 kesalahan ketik |
Tidak ada kesalahan penulisan struktur kalimat, ejaan, dan kesalahan ketik |
Kelengkapan isi |
Lebih dari 7 aktivitas keseharian yang tidak dituliskan dan beberapa tidak ada refleksi. |
Lebih dari 5 aktivitas keseharian yang tidak dituliskan dan beberapa tidak ada refleksi. |
Ada kurang dari 5 aktivitas keseharian yang tidak dituliskan dan beberapa tidak ada refleksi. |
Aktivitas setiap harinya ditulis beserta beberapa repleksi |
Refleksi |
Ada beberapa bagian yang tidak disertai dengan refleksi |
Sebagian besar refleksi yang dituliskan kurang mendalam, hanya diberikan ala kadarnya saja. |
Beberapa refleksi yang dituliskan kurang mendalam, ala kadarnya saja dan sebagian besar dituliskan cukup mendalam |
Isi semua refleksi ditulis secara mendalam. |
Kualitas isi |
Sebagian besar perilaku ber-Pancasila tidak dijelaskan dengan detail.
Sebagian besar komponen portofolio tidak terisi dengan lengkap. |
Beberapa perilaku ber-Pancasila tidak dijelaskan dengan detail.
Beberapa komponen portofolio tidak lengkap |
Semua perilaku ber-Pancasila dijelaskan dengan kurang detail.
Sebagian kecil komponen portofolio kurang lengkap |
Semua perilaku ber-Pancasila dijelaskan dengan sangat detail.
Portofolio lengkap memmuat komponen pokok. |
Desain, layout dan kerapihan |
Struktur dan layout portofolio kurang rapi dan susah dibaca |
Sebagian besar struktur dan layout portofolio kurang rapi. |
Beberapa struktur dan layout portofolio kurang rapi. |
Struktur ada layout portofolio sangat rapi dan mudah dibaca. |
E. PENGAYAAN dan REMEDIAL
1. Pogram Pengayaan
Kegiatan ini diberikan kepada peserta didik yang telah menguasai materi pelajaran sesuai dengan capaian pembelajaran. Bentuk pengayaan yang diberikan oleh guru adalah :
· Memberikan sumber bacaan lanjutan yang sesuai dengan topik untuk dipelajari oleh peserta didik, kemudian disampaikan oleh yang bersangkutan pada sesi pertemuan berikutnya.
· Membantu peserta didik lain yang belum mencapai capaian pembelajaran, sehingga sesama peserta didik saling membantu untuk mencapai capaian pembelajaran.
2. Program Remedial
Kegiatan ini diberikan kepada peserta didik yang belum menguasai materi pelajaran sesuai dengan capaian pembelajaran. Bentuk remedial yang diberikan oleh guru adalah :
· Melakukan pertemuan satu per satu terhadap peserta didik untuk menanyakan hambatan pembelajarn, memotivasi belajar, dan memberikan umpan balik kepada peserta didik.
· Memberikan aktivitas belajar tambahan di luat jam pelajaran baik dillakukan bersama maupun secara mandiri. Sesuai denga gaya belajar mereka denga bimbingan guru.
F. REFLEKSI
1. Refleksi Peserta Didik
Guru dapat mengetahui hasil refleksi yang dilakukan oleh siswa melalui refleksi siswa yang sudah tercantum di Buku Siswa. Melalui refleksi, guru dapat mengidentifikasi materi pembelajaran Bab 1 yang sudah dipahami dan kurang dipahami oleh siswa. Guru dapat mengetahui hal yang perlu ditindaklanjuti dari setiap peserta didik. Hal ini dapat digunakan guru untuk menggali strategi dalam proses pembelajaran yang efektif yang disesuaikan dengan kemampuan siswa dan lingkungan sekolah.
2. Refleksi Guru
Guru melakukan refleksi mengenai apa yang telah berjalan dengan baik dan apa yang masih kurang sehingga perlu ditingkatkan. Guru sejatinya melakukan refleksi setiap selesai melakukan pembelajaran. Berikut ini beberapa pertanyaan reflektif yang perlu dijawab oleh guru sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketercapaian capaian pembelajaran peserta didik.
1. Hal menarik apakah yang saya temui selama pembelajaran?
2. Apa pertanyaan yang muncul selama pembelajaran?
3. Apa yang saya sukai dan tidak sukai dari kegiatan pembelajaran kali ini?
4. Pelajaran apa yang saya dapatkan selama proses pembelajaran?
5. Bagian manakah dari pembelajaran yang paling berkesan bagi saya? Mengapa?
G. DAFTAR PUSTAKA
Anggraena, Yogi dan kawan-kawan. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen; Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia
BPIP RI. 2022. Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 tentang Materi Dasar Pembinaan Ideologi Pancasila. Jakarta: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia
Rohayani, Ida dan kawan-kawan. 2023. Pendidikan Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia
Rosa, Nikita. 2022. Keren! 3 Siswa Berkebutuhan Khusus Juara Kompetisi Masak Internasional. [Online]. Tersedia: https://www.detik.com/edu/edutainment/d-6317628/keren-3- siswa-berkebutuhan-khusus-juara-kompetisi-masak-internasional. Diunduh Pada tanggal 1 November 2023
Setiawan, Dwi Astuti dan kawan-jawan. 2023. Panduan Guru Pendidikan Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia
Yudi Latif, Mata Air Keteladanan: Pancasila dalam Perbuatan. Mizan, 2014
Susukan, ……………2024
Mengetahui
Kepala SMKN 1 Susukan Guru Mata Pelajaran
SUHARTONO, S.Pd. JUHARI, S.Pd
NIP : 19780711 200902 1 001 NIP : 19700611 200801 1 007
Termah kasih sangat membantu
BalasHapus